Bugis Makassar Info
Bugismakassar.info | portal online yang menyajikan beragam topik informasi yang berskala lokal, hingga nasional. Dengan komitmen untuk senantiasa menghadirkan berita-berita terupdate tajam terpercaya dan akurat.
spot_img
spot_imgspot_imgspot_img

Update :

Studi Tiru Nusakambangan, Kakanwil Rencanakan Pembangunan Lapas Konsep Smart Prison di Sulsel

Nusakambangan | BugisMakassar.Info – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bersama Para Kepala Divisi beserta jajaran lakukan kunjungan di Nusakambangan dalam rangka Studi Tiru Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) berkonsep “Smart Prison” di Sulsel.

“Pembangunan Lapas di Sulsel direncanakan akan mengadopsi konsep Smart Prison seperti Lapas-Lapas yang ada di Nusakambangan,” Ungkap Kepala Kantor Wilayah dalam sambutannya pada pertemuan yang digelar di Aula Lapas Khusus Kelas IIA Karangayar Nusakambangan, Jawa Tengah, Senin (18/9).

Konsep ” Smart Prison” tersebut menggabungkan Sistem Database Pemasyarakatan dengan teknologi Smart CCTV sehingga dapat meningkatkan objektifitas penilaian pembinaan terhadap WBP sekaligus meningkatkan keamanan pada Lapas dan Rutan.

Konsep ini merupakan pertama di Asia Tenggara yang terdapat System Access Control, Configuration Camera, Intelligent Facial Configuration, Topologi Command Center hingga Access Door Remote.

Kepala Kantor Wilayah berharap rencana ini dapat terealisasi dalam pembangunan Lapas di Sulsel. “Desain Bangunan Lapas Nusakambangan yang memiliki ciri khas dengan keunggulan teknologinya diharapkan dapat diadopsi dalam konsep rancangan pembangunan Lapas Maros yg sedang berjalan”,” Pungkas Kakanwil.

Dalam kunjungan ini, Kepala Kantor Wilayah disambut oleh jajaran Kepala UPT se-Nusakambangan. “Apresiasi terhadap penyambutan ini. Perubahan telah banyak dilakukan di Nusakambangan dan lebih maju,” Ujar Liberti.

Kakanwil juga berharap, Nusakambangan betul-menjadi tempat untuk penggemblengan diri pribadi agar menjadi orang yang memiliki karkater pribadi yang kuat, terlatih dan tangkas (Candradimuka) agar pelaksanaan pemasyarakatan dapat betul-betul dapat menjadi smart.

“Ini juga untuk menjadikan pegawai khususnya yang berada di Nusakambangan dapat memegang teguh Rasa Memiliki terhadap Instansi atau Sense of Beloging,” Kata Liberti.

Kakanwil Liberti pada Tahun 2014 juga pernah menjabat sebagai Kepala Lapas Batu.

Sementara itu, Kepala Lapas Batu, Mardi Santoso mewakili para Kepala UPT se-Nusakambangan menyampaikan terima kasih atas kunjungan jajaran di Sulsel dan berharap dapat memberikan sumbangsih positif terhadap pembangunan Lapas dan Rutan di Sulsel.

Kunjungan Kakanwil besama Para Kepala Divisi turut menghadirkan langsung Tim Perencana dari Sulsel bersama Pengelolah Barang dan Jasa Kanwil Sulsel serta Tim dari Sub Bagian Program dan Pelaporan Kanwil Sulsel.

Adapun Kepala Divisi hadir pada kunjungan ini yakni Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih, Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM selaku Plt. Kadiv Pemasyarakatan, Hernadi. Turut Hadir juga Kepala Bagian Umum, Basir Kepala Bapas Makassar selaku Plt. Kepala LPKA Maros Sophiana, Kasubag Humas, RB dan TI beserta Jajaran Pelaksana di Kanwil Sulsel.

Kakanwil bersama Tim di Nusakambangan mengunjungi Bapas, Lapas Terbuka, Lapas Batu, Lapas Besi, Lapas Gladakan, Lapas Narkotika, Lapas Kembangkuning, Lapas Khusus Karanganyar, Lapas Permisan, dan Lapas Pasir Putih. Terakhir mengunjungi Lapas Cilacap.

Lp ; IMDT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

INFO TERKAIT

JANGAN LEWATKAN

Top Trending