Bugis Makassar Info
Bugismakassar.info | portal online yang menyajikan beragam topik informasi yang berskala lokal, hingga nasional. Dengan komitmen untuk senantiasa menghadirkan berita-berita terupdate tajam terpercaya dan akurat.
spot_img
spot_imgspot_imgspot_img

Update :

Ikuti Desk Evaluasi, Lapas Kelas II A Palopo Siap Meraih Predikat WBK

Palopo | BugisMakassar.Info – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palopo mengikuti Desk Evaluasi Penilaian Mandiri dalam rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel) Tahun 2023 oleh Tim Penilai Mandiri (TPM) Inspektorat Jenderal Kemenkumham secara daring, bertempat di Aula Lapas Kelas II A Palopo pada Rabu (23/08).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak menugaskan 2 (dua) pegawai Kanwil yaitu Syahril dan Daniel Orlando untuk melakukan pendampingan pada Lapas Kelas II A Palopo dalam Desk Evaluasi ini.

Kepala Lapas Palopo, Jhonny Gultum selaku penanggungjawab Pembangunan ZI memaparkan 6 (enam) area perubahan yang telah dilakukan di Lapas Kelas II A Palopo.

Selain itu, Jhonny juga paparkan beberapa inovasi yang diterapkan di Lapas Kelas A Palopo. Diantaranya aplikasi SIYAP (Sistem Informasi Layanan Pemasyarakatan) untuk mencegah tindakan diskriminasi terhadap penerima layanan, inovasi TAMPANS (Pelatihan Keterampilan Bersertifikat) untuk meningkatkan pembinaan kemandirian terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), inovasi LAMEPULA (Layanan Medis Jemput Bola) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap WBP, inovasi JUSMA (Jumat Sehat Bersama) untuk meningkatkan kesehatan jasmani pada WBP, dan aplikasi SLIRLINE (Slip Remun Online) untuk mencegah pemotongan remun kinerja pegawai yang tidak transparan.

“Seluruh inovasi tersebut sangat berguna untuk menanggulangi segala risiko yang rawan terjadi di Lapas Kelas II A Palopo,” tambah Jhonny.

Sementara itu, TPM yang terdiri dari Pengendali Teknis Itwil 2 Ami Amatunnisa, Eka Setyawati Auditor Muda Itwil 2, Wahyu Auditor Pertama Itwil 2, Willy BSK, Agus Ditjenim, Shinta dari Biro Perencanaan bagian Reformasi Birokrasi (RB) menyampaikan apresiasi atas penjelasan dari Kalapas Palopo Jhonny beserta jajaran terkait pembangunan ZI secara lengkap. TPM juga memberikan masukan-masukan dari segi administrasi dan penerapan yang dapat menyempurnakan pelaksanaan pembangunan ZI di Lapas Palopo.

Selanjutnya, TPM berencana akan meninjau pelaksanaan ZI di Lapas Kelas II A Palopo pada tanggal 28 Agustus – 02 September 2023 sekaligus sebagai penentu raihan predikat WBK.

Terpisah, Kakanwil Liberti mengatakan pihaknya mendukung kinerja pembangunan ZI yang telah dilaksanakan oleh seluruh jajaran Lapas Kelas II A Palopo. Untuk itu, pihaknya menyampaikan dibutuhkan sinergi dan kerjasama yang baik diantara seluruh pegawai Lapas Kelas II A Palopo dalam pembangunan ZI.

“Saya berpesan agar seluruh jajaran Lapas Kelas II A Palopo dapat menjaga integritas dan komitmen dalam pembangunan ZI. Saya optimis, Lapas Kelas II A Palopo akan mendapat predikat WBK” harap Liberti.

Diketahui, presentase Capaian Kinerja berdasarkan Perjanjian Kinerja meningkat pada tahun ini bila dibandingkan tahun lalu, yaitu Indeks keamanan dan ketertiban Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebesar 100%, indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan publik bidang hukum sebesar 96,34%, dan presentase menurunnya residivis sebesar 24%. Bahkan, pada Capaian Kinerja Anggaran Tahun 2023, Lapas Kelas II A Palopo berhasil meraih Penghargaan UPT terbaik Capaian Kinerja Anggaran dari Kakanwil Liberti Sitinjak di Makassar pada 21 Agustus lalu.

Desk Evaluasi ini turut diikuti oleh seluruh Koordinator Pokja, Tim Sekretariat ZI, dan Tim Yel-Yel Lapas Kelas II A Palopo.

Lp ; IMDT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

INFO TERKAIT

JANGAN LEWATKAN

Top Trending