Bugis Makassar Info
Bugismakassar.info | portal online yang menyajikan beragam topik informasi yang berskala lokal, hingga nasional. Dengan komitmen untuk senantiasa menghadirkan berita-berita terupdate tajam terpercaya dan akurat.
spot_img
spot_imgspot_imgspot_img

Update :

Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Pelepasan Calon Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Makassar

Makassar | BugisMakassar.Info – Sebanyak 450 jemaah haji Kloter I (Satu) Embarkasi Makassar diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu (12/05). Acara pelepasan Calon Jamaah Haji (CJH) berlangsung di Asrama Haji Sudiang Makassar (Aula Mina), diawali dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kemenag Sulsel) H Muh Tonang dan diakhiri dengan sambutan sekaligus pelepasan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Instansi Vertikal.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan turut hadir dalam pelepasan ini. Kanwil Kemenkumham Sulsel diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Jaya Saputra, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Kabid Zinfokim) Bisri Musa, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kabid Inteldakim) Maryana, Jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Agus Winarto beserta jajaran.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar dalam sambutannya berpesan kepada seluruh jemaah haji khususnya dari Sulsel, untuk fokus beribadah selama di Tanah Suci dan tidak memikirkan yang lain. Ia juga mendoakan agar seluruh jemaah diberikan kesehatan hingga pulang ke tanah air dengan selamat.

“Intinya fokus ibadah saja, jangan pikirin yang lain karena memang ini bepergian ibadah haji ini beda dengan bepergian aktivitas yang lain seperti wisata, penugasan, dan lainnya. Kita bepergian dalam rangka mencari ridho Allah, menjalankan perintah Allah SWT sebagai tamu Allah,” ujarnya.

Usai pelepasan, seluruh CJH siap berangkat. Namun sebelum berangkat, CJH harus melewati tahapan pengecekan paspor yang dilakukan oleh Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar.

“Selama musim haji tahun ini, para petugas tersebut berjumlah 30 orang yang akan terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok kerja. Untuk memastikan kinerjanya baik, mereka akan dipantau oleh tim satgas Kanwil Kemenkumham Sulsel berjumlah 25 orang yang diketuai oleh Kadivim Jaya Saputra,” ujar Kabid Zinfokim Bisri.

Lanjut Bisri, para petugas tersebut akan bertugas mulai dari kegiatan peneraan paspor. Selanjutnya paspor tersebut diserahkan kepada CJH Embarkasi Makassar. Langkah ini adalah bukti penerapan “one stop service”.

“Pada saat pemberangkatan haji, paspor tersebut akan diperiksa oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar. Semuanya dilkaukan secara terpusat di Asrama Haji Embarkasi Makassar,” sambung Bisri.

Para CJH, sambung Bisri, akan memasuki bus untuk diberangkatkan ke Bandara Hasanuddin. Bus tersebut akan ditempeli stiker “Immigration Clearance” oleh Petugas TPI Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar yang artinya tahap pemeriksaan imigrasi dinyatakan selesai.

“Sesampainya di bandara, para CJH langsung menaiki Maskapai Garuda Indonesia Boeing 747. Pesawat tersebut dijadwalkan terbang ke Madinah pukul 16:30 WITA,” jelas Bisri.

Terpisah, Kakanwil Liberti Sitinjak mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi para CJH Embarkasi Makassar. “Semoga seluruh jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan menjadi Haji yang mabrur,” pesan Liberti.

Adapun Kadivim Jaya Saputra mengungkapkan jajarannya siap memberikan pelayanan prima dan terbaik bagi CJH Embarkasi Makassar.

Lp ; IMDT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

INFO TERKAIT

JANGAN LEWATKAN

Top Trending