Bugis Makassar Info
Bugismakassar.info | portal online yang menyajikan beragam topik informasi yang berskala lokal, hingga nasional. Dengan komitmen untuk senantiasa menghadirkan berita-berita terupdate tajam terpercaya dan akurat.
spot_img
spot_imgspot_imgspot_img

Update :

Kasus Dinkes Parepare Terus Bergulir ; LAKIN, KOMPAK dan FOKUS Desak KPU Sulsel Menolak Pencalonan Walikota Taufan Pawe

MAKASSAR, | BugisMakassar.Info –Sekretaris Jendral Lembaga Anti Korupsi Nasional (Sekjen LAKIN) Iksan Mapparenta Daeng Tika mendesak ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menolak pencalonan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sebagai anggota DPR RI sebelum melakukan pengunduran diri dari jabatannya.

Mengingat persyaratan yang diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

“Jadi sudah sangat jelas salasatu persyaratan untuk menjadi Calon perwakilan rakyat, jika yang bersangkutan ingin mendaftarkan diri harusnya Taufan Pawe mengundurkan diri dari jabatannya dan tidak ada alasan apapun, jika KPU tidak mengindahkan permintaan kami sebagai perwakilan masyarakat Sulsel, yakin kami pastikan akan melakukan demo besar-besaran didepan kantor KPU” tegasnya, Minggu (28/05/2023)

Diketahui pada pasal 14 PKPU Nomor 10/2023, ayat 1 disebutkan Bakal Calon yang berstatus kepala daerah menyerahkan keputusan pemberhentian atas pengunduran diri yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang pada saat melakukan pengajuan Bakal Calon. Kemudian ayat 2, menyebutkan dalam hal keputusan pemberhentian sebagaimana dimaksud ayat 1 belum diterbitkan, Bakal Calon harus menyerahkan surat pengajuan pengunduran diri sebagai kepala daerah, dan tanda terima dari pejabat yang berwenang atas penyerahan surat pengajuan pengunduran diri tersebut.

Daeng Tika sapaan akrab Sekjen LAKIN berharap kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare, Adriani Idrus untuk mempertimbangkan keputusannya seperti yang dilansir media online “Raksul” pada Senin (08/05/2023).

Dimana lansiran Media online RAKSUL Andriani Idrus mengatakan bahwasanya akan melakukan konsultasi kepada Kemendagri terkait pencalonan Taufan Pawe.

“Jadi kami berharap kepada Kabad BKPSDMD ibu Andriani tidak memberikan jalan kepada Taufan Pawe agar tidak melakukan pengunduran diri dari jabatannya, kemudian kami berharap kepada Komisi KPU untuk melakukan pembatalan pencalonan Taufan Pawe apabila tidak melepaskan jabatannya sebagai wali kota Parepare” ungkap daeng Tika.

Lebih lanjut “kami tidak pernah melarang siapapun untuk mencalonkan diri sebagai perwakilan rakya jika pers pencalon mematuhi syarat-syarat yang sudah ada’ tegas sekjen LAKIN

Sementara Ketua Koalisi Masyarakat Parepare Anti Korupsi (Kompak), H. Mamma dan ketua LSM FOKUS, Mu’stakin sepakat dan satu suara oleh sekjen Lakin yang mendesak ketua Komisi KPU untuk tidak menerima pencalonan Taufan Pawe sebelum melepas jabatannya selaku Wali Kota Parepare.

“Saya sepakat sama Iksan Mapparenta untuk mendesak ketua komisi KPU untuk tidak menerima berkas pendaftaran Taufan Pawe menjadi anggota DPR RI jika tidak mengundurkan diri terlebih dahulu, jika permintaan sekjen Lakin tidak diindahkan kami akan melakukan Unras didepan kantor walikota Parepare dan kantor KPU Provinsi Sulsel agar apa tuntutan kami dan permintaan kami bisa direalisasikan” tegas H. Hamma dan Mus’takim, Minggu (28/05)

Terpisah salah satu warga masyarakat kota Parepare juga ikut bersuara berharap Taufan Pawe untuk tidak mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI

“Selama dia menjabat sebagai wali kota dirinya tidak pernah mempertlihatkan kinerjanya melainkan semua program dia buat tidak pernah tuntas, saya berharap Taufan Pawe sebelum mencalonkan diri agar membenahi diri terlebih dahulu, lantaran kasus korupsi Dinkes diduga kuat dialah pemeran utamannya ada banyak lagi proyek yang dia buat tidak ada yang beres” ungkapnya

Dirinya juga berharap jika Taufan Pawe diseret di mejah hijau tolong teman-temna media mengirim kan saya fotonya agar saya membuat baliho yang bersar untuk memajangnya ditengah kota Parepare agar semua masyarakat tau wali kota yang kita pilih adalah timur berdasi dan tidak punyai rasa kasian dan tidak punya hati nurani kepada masyarakat selama dirinya menjabat sebagai walikota Parepare, dan saya akan menulis dibaliho media dan LSM yang membongkar kasus ini agar semua orang tau pahlawan sebenarnya iyalah kalian-kalian semua” tegasnya

Lp ; ICL (PRMGI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

INFO TERKAIT

JANGAN LEWATKAN

Top Trending